Profil dan Biodata Ustadz DR. Syafiq Riza Basalamah, MA

Ustadz DR. Syafiq Riza Basalamah, MA adalah seorang penceramah Islam lulusan  Universitas Islam Madinah, dengan predikat “Summa Cumlaude” Disertasinya berjudul Juhuudu Al Muassasaat wal Hai’aat Al Islaamiyyah Fi Indonesia Fi At Tashoddi Li At Tanshiir (Usaha Organisasi dan Lembaga Islam di Indonesia Dalam Membendung Kristenisasi). Beliau adalah salah satu ustadz ahlus sunnah Waljama'ah dengan pemahaman Salafi yang ada di Indonesia.

Dalam menyampaikan kajian ceramahnya, Dr. Syafiq Riza Basalamah melakukannya dengan cara detail, mendalam, dengan pembahasan yang penuh dalil baik dalil naqli maupun aqli.

Beliau yang sering duduk di majelis Syeikh Al ‘Allamah Abdul Muhsin bin Hamd Al ‘Abbad Badr, menjadi penceramah Tetap di Rodja TV dan Radio Rodja. Selain itu,  ceramah atau kajiannya dapat dilihat di Youtube. Ustadz dengan penampilan jenggot panjang bak orang arab, dengan tutup kepalanya ini adalah merupakan alumni Pesantren Islam Al Irsyad Bondowoso.

Kemudian pria yang dikenal sering memberi nasehat kepada kawan dan adik-adik kelasnya ini melanjutkan ke Universitas Islam Madinah, dengan predikat “Summa Cumlaude” Disertasinya berjudul Juhuudu Al Muassasaat wal Hai’aat Al Islaamiyyah Fi Indonesia Fi At Tashoddi Li At Tanshiir (Usaha Organisasi dan Lembaga Islam di Indonesia Dalam Membendung Kristenisasi)

Beliau berhasil mempertahankan disertasinya  dihadapan para penguji, yaitu: Syaikh Prof. Dr. Ali bin Ibrahim An-Namlah, Syaikh Prof. Dr. Ghozi bin Ghozi Al-Mutthoiri, dan Syaikh Dr. Fuad Abduh al -Ba’daani.

Sidang disertasi yang diadakan di aula munaqasyah fakultas dakwah dan ushuluddin ini menghasilkan nilai yang sangat memuaskan, penguji memberikannya Mumtaz ‘Ala Darajah Syaraf Al ula (Cumlaude Summa Cumlaude). Diakhir acara, pihak kampus menginginkan agar karya Ustadz Dr. Syafiq Riza Hasan Basalamah,M.A itu diterjemahkan dan dicetak di Indonesia.

Ustadz yang dikenal mudah berkenalan dengan siapa saja dan cerdas ini sekarang merupakan staf pengajar di  STDI Imam Syafii, Jember dan sebagai penceramah Tetap di Rodja TV dan Radio Rodja.


Silsilah Keluarga Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Dalam ceramahnya yang tayang di Youtube, Ustadz Syafiq Riza Basalamah mengaku kakeknya keturunan dari Yaman, Hadramaut. Sebelum 1800an leluhur kakeknya tersebut datang ke Teluk Bayur dan menikah dengan wanita Minang. Dari sana ke Jakarta, anak keturunannya dari Jakarta ada yang kesasar di Jember termasuk Ustadz Syafiq Riza Basalamah.


Hubungan Ustadz Syafiq Reza Basalamah dan Ustad Khalid Basalamah

Ustad Khalid Basalamah dan Ustadz Syafiq Reza Basalamah tidak dikenal sebagai saudara kandung. Hanya saja, beliau memiliki nama marga yang sama yaitu Basalamah. Marga Basalamah merupakan salah satu marga Arab Hadramaut yang merujuk kepada nama keluarga atau marga yang dipakai oleh keturunan bangsa Arab, yang berasal dari daerah Hadramaut di Yaman, yang letaknya di Jazirah Arab bagian selatan. Penamaan marga sendiri dipilih berdasarkan kabilah, tempat asal, sejarah, kebiasaan atau sifat serta nama nenek moyang golongan tersebut.

(Baca juga: "Profil dan Biodata Ustadz DR Khalid Basalamah MA")


Kontak Ustadz DR. Syafiq Riza Basalamah M.A