Biografi Muhammad Iqbal Azhari - Pemain Pesantren Rock N Roll

Muhammad Iqbal Azhari
Muhammad Iqbal Azhari
(sebelum hijrah)
Muhammad Iqbal Azhari adalah seorang Bintang sinetron Pesantren Rock N Roll. Nama Muhammad Iqbal Azhari sempat menghiasi layar kaca melalui aktingnya dalam sinetron Pesantren Rock N Roll pada 2011. Sebelumnya, Iqbal terlebih dahulu dikenal sebagai ikon musik heavy metal dengan tato yang menghiasi tubuhnya.

Namun, beberapa waktu belakangan namanya sudah tidak lagi terlihat di layar kaca. Muhammad Iqbal Azhari diketahui memilih hijrah dan berfokus untuk berdakwah di kalangan generasi muda.

Muhammad Iqbal Azhari juga dikenal sebagai Motivator Hijrah, karena sering mengajak anak-anak muda untuk hijrah menjadi muslim yang lebih baik.

Namun, jauh sebelumnya, ia memiliki masa lalu yang kelam. Iqbal pernah menjadi vokalis band cadas Bandung dan masuk dalam komunitas Hip Hop Bandung. Untuk menambah kesan garang, ia pun menghias tubuhnya dengan gambar tato.


Hijrah

Muhammad Iqbal Azhari
Muhammad Iqbal pernah mengutarakan kisah hijrahnya lewat sebuah program acara di Trans 7 bernama Titik Balik. Di acara itu, ia bercerita soal masa lalunya yang kelam. Sejak kelas 1 SMP, ia mengaku sudah pergi dari rumah dan memilih tinggal di jalanan. Iqbal yang saat itu masih remaja harus bertahan dengan kerasnya kehidupan di jalanan. Ia mau tak mau harus bisa mencari uang dengan cara apapun agar perutnya terisi.

Saat SMP ia pergi dan tidak sempat pulang, namun saat kembali pulang, ternyata orangtua dan keluarganya sudah tak ada di rumah. Tetangganya memberi tahu kalau keluarganya pindah ke Jakarta.

Ia pun akhirnya memutuskan untuk kembali ke jalanan. Mulai jadi mengamen, tukang parkir atau apapun ia lakoni agar bisa bertahan hidup. Selama menjadi anak jalanan, ia tak merasa malu untuk memakan makanan sisa orang-orang. Bahkan ia juga pernah pernah mencari makan di tempat sampah pembuangan sisa makanan restoran.

Selain itu ia juga pernah nyaris menjadi korban geng motor Bandung, namun karena berhasil bersembunyi di selokan, nyawanya terselamatkan. Iqbal juga bercerita, di masa lalunya ia juga pernah menjadi seorang pengguna nark0ba. Bahkan ia pernah masuk rumah sakit karena overdosis. Dan di titik inilah menjadi momen titik balik Iqbal untuk berhijrah.

Saat itu Iqbal bernazar kalau masih diizinkan hidup ia akan bertaubat. Dan benar setelah ia keluar dari rumah sakit iapun bertobat. Setelah melaui berbagai rintangan hidup dalam situasi jauh dari keluarga selama 6 tahun, Iqbalpun akhirnya bertemu dengan orang tuanya.


Meninggal dunia

Muhammad Iqbal Azhari meninggal pada Sabtu, 30 Desember 2017, pukul 10.53 di RS Advent Bandung.


Sumber: http://bangka.tribunnews.com/2018/01/01/mantan-pemain-pesantren-rock-n-roll-iqbal-azhari-meninggal-dunia-sosok-inspiratif-dalam-berhijrah