Profil Ance Selian - Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018

Ance Selian
Ance Selian
Ance Selian adalah kader Partai Demokrat. Ia menjadi Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara bersama dengan Calon Gubernur Sumatera Utara, Dr JR Saragih SH untuk Pilkada Sumut yang digelar pada 20 Juni 2018. Pasangan calon Dr JR Saragih SH, MM dan Ance Selian didukung oleh koalisi partai Demokrat, PKB, dan PKPI. 

Pasangan JR Saragih – Ance Selian adalah pasangan Cagubsu/Cawagubsu yang merupakan orang asli Sumut.

Ance Selian lahir di Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) pada 1 Maret 1964. Ance anak ke lima dari tujuh bersaudara, di mana empat perempuan dan tiga laki-laki. Anak dari pasangan Jasobandingon Siregar dan Munti Harahap. Meski ayahnya bermarga Harahap, namun marga Siregar tidak dicantumkan dalam namanya, sebagaimana lajimnya orang-orang Batak yang memiliki marga Siregar.

(Baca: "Biodata Lengkap Jopinus Ramli (JR) Saragih - Bupati Simalungun 2010-2015")

Ayahnya, adalah pensiunan Tentara, sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga yang sehari-hari juga sebagai petani. Sejak kecil, ia menghabiskan masa sekolah di pesantren. Ance dibesarkan dan aktif bersama Nahdatul Ulama.

Pemilik akun Twitter @ance_pkb yang merupakan mantan anggota DPRD Sumut priode 2009-2014. Kini Ance Selian menjabat sebagai Ketua DPW PKB Sumut. Karir politiknya, murni di PKB. Ance tetap konsisten di PKB dan tidak pernah tergiur untuk hijrah ke partai lain.

Ance pernah dinobatkan menjadi tokoh peduli Santri di Sumut dan tokoh peduli kitab Kuning. ia selalu aktif dalam berbagai kegiatan. Bahkan ketika NU membentuk PKB, Ance Selian pun diamanahkan ummat untuk ikut mengurusi rumah besar kaum Nahdliyin itu.

Ance Selian terpilih pertama kali pada Muswil IV menjadi Ketua DPW PKB Sumut untuk priode kepengurusan 2012-2016. Kemudian pengangkatan kembali untuk priode 2016-2021. Priode ini tidak berdasarkan hasil Muswil, tapi berdasarkan pengangkatan dan penetapan DPP PKB, atas penilaian dan keseriusan kinerja priode berjalan.

Di bawah kepemimpinan Ance Selian dengan Sekretaris Jansen Harahap, PKB Sumut berkembang pesat menjadi salah satu partai yang mulai diperhitungkan. Dia berhasil menempatkan kader-kadernya di DPRD Kabupaten/Kota, DPR RI dan kini mendudukkan tiga kadernya di DPRD Sumut.

Ance Selian menikah dengan seorang Notaris, Helma Ariyanti SH,SpN. Dari pernikahannya dikaruniai anak: Rizki Ananda dan Rifki Ananda.