Siapakah Katy Jurado yang ada di Google Doodle Hari Ini?

Katy Jurado
Hari ini, Selasa 16 Januari 2018 laman depan Google menampilkan gambar  seorang wanita berbaju hitam dengan selendang kuning di pundaknya. Tampak latar belakang bunga-bunga menghiasi gambar ini. Google menampakkan gambar ini untuk merayakan Ulang Tahun Katy Jurado ke-94.

Siapakah wanita tersebut? ia adalah María Cristina Estela Marcela Jurado García, atau lebih dikenal dengan Katy Jurado. Katy Jurado adalah seorang aktris panggung dan film Meksiko.

Di negaranya, Katy bak pahlawan besar. Ia adalah aktris Meksiko pertama yang mampu menembus Holywood dan dikenal secara luas di dunia lewat layar perak.

Yang paling fenomenal, Katy adalah aktris Meksiko pertama peraih Golden Globe Award untuk Aktris Pendukung Terbaik. Ia juga mendapat pengakuan dunia dengan penghargaan Silver Ariel dan beberapa nominasi Academy Awards.

Wanita kelahiran Guadalajara, Meksiko, 6 Januari 1924 ini memulai karir aktingnya di Meksiko pada tahun 1943. Selama tahun 1940an dan awal 1950an, era yang disebut Golden Age of Mexican cinema, Jurado memainkan karakter jahat dalam film "femme fatale" di film-film Meksiko.

Karirnya berawal saat seorang pembuat film Budd Boetticher menemukan Jurado di Meksiko pada tahun 1951, Budd melihat Katy duduk di arena adu banteng. Katy kemudian mendapat peran kecil pada film itu gara-gara ada kata yang tak dimengerti sang sutradara dalam bahasa Inggris. Dari situlah ia memulai karir Hollywood-nya dengan bermain di film The Bullfighter & the Lady.
Ulang Tahun Katy Jurado ke-94
Google Doodle, Ulang Tahun Katy Jurado ke-94
Dia berperan dalam film-film Barat pada tahun 1950-an dan 1960an, termasuk High Noon (1952), Arrowhead (1953), Broken Lance (1954), Jacks One-Eyed (1960), dan Pat Garrett dan Billy the Kid (1973). Dia adalah aktris Amerika Latin pertama yang dinominasikan untuk Academy Award, sebagai Aktris Pendukung Terbaik untuk pekerjaannya di Broken Lance, dan merupakan orang pertama yang memenangkan Golden Globe Award atas penampilannya di High Noon.

Selama karirnya, Jurado membuat tujuh puluh satu film. Kecantikan Katy sempat menarik perhatian Frank Sinatra yang ingin memacarinya. Meskipun demikian, Katy menolak pernyataan cinta Frank Sinatra dan menawarkannya untuk menjadi teman.

María Cristina Estela Marcela Jurado García meninggal pada 5 Juli 2002 (umur 78)  di Cuernavaca, Morelos, Meksiko.