Home » , » Biografi Charles Perrault - Penulis Dongeng Cinderella

Biografi Charles Perrault - Penulis Dongeng Cinderella

harles Perrault
Charles Perrault adalah seorang penulis dongeng dan teori sastra, serta pengarang puisi asal Perancis. Dia meletakkan dasar-dasar untuk sastra baru bergenre dongeng, dengan karya-karyanya yang berasal dari sebelum cerita rakyat.

Charles Perrault lahir di Paris, Perancis, 12 Januari 1628.  Ia berasal dari keluarga borjuis kaya, anak ketujuh dari pasangan Pierre Perrault dan Paquette Le Clerc. Dia memperoleh sekolah yang baik dan belajar hukum sebelum memulai karir dalam pelayanan pemerintah, mengikuti jejak ayahnya dan kakak Jean.

Karier sastranya dimulai ketika Charles menulis puisi dan ayat menyindir berjudul The Burlesque Aeneid (1948) ketika dia sedang mempelajari ilmu hukum.

Beberapa karyanya yang dikenal di seluruh dunia adalah Si Kerudung Merah, Putri Tidur (Sleeping beauty), Kucing dalam Sepatu Bot (Puss in boots), Cinderella, Tiga Permintaan, Kulit keledai (Donkey-skin), dan lain-lain. Pada tahun 1661, Charles Perrault pernah bekerja pada pemerintahan monarki absolut Perancis yang dipimpin oleh Louis XIV karena ketika itu, raja lebih memilih kalangan biasa dibandingkan kaum aristokrasi untuk melayani publik.

Beberapa dongeng Charles telah diceritakan kembali dengan versi yang berbeda oleh Grimm bersaudara.[1] Namun, cerita asli yang ditulis Charles lebih kontras dengan versi dongeng Grimm bersaudara, contohnya cerita Si kerudung merah yang tidak selamat di akhir cerita dan Putri Tidur yang menikah dengan pangeran namun ternyata putri tersebut adalah raksasa atau gergasi (ogre).

Charles Perrault meninggal di Paris, Perancis, 16 Mei 1703 pada umur 75 tahun.